Sabtu, 28 Agustus 2010

tumbuhan obat Jamblang (Syzygium cumini [Linn. ] Skeels.)

tanaman obat
tumbuhan herbal jamblang tergolong tanaman herbal berjenis buah-buahan berasal dari Asia dan Australia tropik. tanaman obat ini Biasa ditanam di pekarangan atau tumbuh liar, terutama di hutan jati. tumbuhan obat Jamblang tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl. Biasanyajamblang yang masak dimakan dan rasanya segar walau agak asam dan sepat. Kulit kayu digunakan sebagai zat pewarna.


BAGIAN YANG BISA DIGUNAKAN

Daging buah
digunakan segar atau yang telah dikeringkan. Jika daging buah dimakan, akan menyebabkan rongga mulut dan lidah berwarna ungu.

Biji
kencing manis (diabetes melitus),diare, keracunan strychnine (penawar racun yang tidak spesifik),pembesaran limpa,disentri,gangguan pencernaan seperti lembung, nyeri lambung, keram perut,

Kulit kayu
kencing manis (diabetes melitus),diare.

Diare pada anak
buah jamblang segar yang belum matang dan beras yang sudah digongseng sampai kuning masing-masing 6 gram.Masukkan dalam mangkuk,tambah air secukupnya sampai semua bahan terendam. Tim sampai matang. Setelah dingin, makan sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.

Batuk kronis, asma
  • Cuci buah jamblang segar 15 gram, buang bijinya,makan. Lakukan tiga kali sehari.
  • buah jamblang kering 15 gram,Masukkan dalam mangkuk,lalu tambahkan air sampai seluruh buah terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya dan makan buahnya sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.

Batuk pada TB Paru disertai nyeri dada
buah jamblang segar 30 gram,jika dipakai buah kering gunakan sebanyak 15 gram dan daun sembung segar ('Blumea balsamifera) 25 gram. Cuci semua bahan, lalu potong-potong daun sembung seperlunya. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan gula pasir 15 gram dan air secukupnya sampai seluruh bahan terendam. Tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya. Makan buahnya,bijinya dibuang. Lakukan setiap malam sebelum tidur.

Nyeri lambung
Gongseng buah jamblang kering tanpa biji 30 gram sampai berbau harum. Masukkan dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, makan seluruhnya. Lakukan tiga kali sehari, selama 10 hari.

Sariawan
Rebus kulit kayu atau daun secukupnya.gunakan untuk berkumur-kumur.3-4 kali dalam sehari.

Batuk rejan
buah jamblang kering 15 gram,empedu ayam betina (1 buah),gula pasir secukupnya. Masukkan ke dalam mangkuk,tambah air sampai seluruh bagian terendam, lalu tim sampai matang. Minum airnya dan makan isinya. Lakukan sekali sehari sampai sembuh.

Catatan
  • Sebagian wilayah di Asia Tenggara menggunakan akar jamblang untuk pengobatan ayan (epilepsi).
  • Jamblang dan spesies lainnya (Eugenia caryophyllata) yang dimasak mengandung senyawa yang dapat mengaktifkan enzim glutathione S-transferase di hati. Enzim ini mempunyai khasiat detoksifikasi. Pada percobaan binatang, peningkatan produksi enzim glutathione S-transferase akan menurunkan kejadian kanker lambung sampai mendekati 80%.
  • Kandungan oleanolic acid pada jamblang dan Surinam cherry (Eugenia uniflora) digunakan oleh pengobat tradisional di Amerika Selatan untuk mengurangi kerusakan pada jantung dan hati penderita kanker yang mendapat pengobatan kemoterapi doxorubicin.
  • Praktisi ayurvedic melaporkan bahwa daging buah jamblang dapat menurunkan kadar gula darah dalam 30 menit. Sementara biji jamblang menurunkan kadar gula dalam 24 jam. Hasil maksimum pencapaian efek hipoglikemik dari jamblang memerlukan sepuluh hari pengobatan.

tumbuhan obat Asam Jawa (Tamarindus indica, Linn.)

tanaman herbal Pare (Momordica charantia L.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar