Senin, 02 Agustus 2010

tanaman herbal Teratai (Nelumbium nelumbo Druce)


Tanaman obat yang satu ini metupakan tumbuhan herbal air menahun yang tumbuh begitu indah, asli dari daratan Asia. tanaman herbal Teratai dibudidayakan di perairan dan kolam, kadang ditemukan tumbuh liar di rawa.

tumbuhan obat air ini tumbuh tegak. Rimpang tebal bersisik, tumbuh menjalar. Daun dan bunga keluar langsung dari rimpangnya yang terikat pada lumpur di dasar kolam.

BAGIAN YANG DIPAKAI



Rimpang
Gangguan pada mati haid (menopause),Neurosis. ,Demam, rasa haus,Batuk darah, muntah darah, mimisan,Berak darah, kencing darah,tekanan darah tinggi,Sakit jantung,Gangguan lambung,Kurang darah (anemia).

Biji
Mimpi basah (spermatorrhea),Susah tidur, banyak mimpi,Kencing terasa sakit dan keruh,lesu tidak bersemangat (neurasthenia), Kanker nasopharynx,Gangguan penyerapan makanan (malabsorbtion),Diare karena badan lernah, radang usus kronis (enteritis kronis),Disentri, Muntah-muntah,Keputihan, perdarahan pada wanita.

Remptacle
Keluar cairan (lochia) yang berlebihan setelah melahirkan,Sakit perut bawah akibat sumbatan darah,Berak darah, kencing darah,Wasir, koreng basah. ,Perdarahan kandungan yang berlebihan,Darah haid berlebihan,Perdarahan sewaktu hamil.

Tunas biji teratai
Susah tidur (insomnia),Darah tinggi (hipertensi),Demam, rasa haus,Jantung berdebar, gelisah,Muntah darah,Ejakulasi dini,Mata merah dan bengkak.

Banang sari
disentri,sering kencing,Tidak dapat menahan kencing (enuresis). ,keluar sperma malam hari (sperrnatorrhea),Keputihan (leucorrhea),Perdarahan seperti muntah darah.

Bunga
Terpukul (trauma),Perdarahan,Radang kulit bernanah (impetigo)

Tepung rimpang
Menambah selera makan,Badan lemah dan kurang darah,Diare.

Akar
Batuk darah, berak darah,Muntah darah, mimisan,Kencing panas dan merah

Daun
muntah darah, berak darah,Perdarahan pada wanita. ,Pingsan karena hawa panas (heat stroke),Diare karena panas atau lembab,Pusing, sakit kepala,Beri-beri,Perdarahan seperti mimisan

Dasar daun
Disentri berdarah, diare,Bayi dalam kandungan tidak tenang.

Batang
Heat stroke, pingsan,Dada terasa tertekan karena panas atau lembab,Diare, muntah,Keputihan.

Untuk diminum
Rimpang: 240 g. Direbus atau di juice.
Daun: 5-12 g, rebus.
Benang sari: 3-10 g, rebus.
Receptacle: 10-15 g, rebus.
Biji: 5-12 g, rebus.
Tunas biji teratai: 1,5-3 g, rebus.
Tangkai: 3-5 g, rebus.
Bunga. 3-5 g, rebus.

Muntah, diare
50 g rimpang teratai dan 15 gram jahe cuci lalu juice,ambil airnya. Minum, sehari 3 kali.

Batuk darah, muntah darah
Rimpang teratai cuci bersih lalu juice,sampai terkumpul 1 gelas ukuran 200 cc. Minum, lakukan selama 3-5 hari berturut-turut.

Panas dalam, gondokan, juga bermanfaat untuk penderita jantung dan lever
100 g rimpang teratai dan 50 g rimpang segar alang-alang, cuci lalu dipotong-potong secukupnya. Rebus dengan 500 cc air bersih sampai tersisa 250 cc. Setelah dingin saring, minum seperti teh.

Keluar darah dari hidung (mimisan)
Ruas akar teratai cuci bersih lalu dijuice. Airnya diteteskan ke hidung.

Disentri
50 g rimpang teratai dan 10 gram jahe,dijuice. Air perasannya ditambahkan 10O cc air, lalu panaskan sampai mendidih. Setelah dingin tambahkan 1 sendok makan madu, aduk lalu minum.

Darah tinggi

Tunas biji teratai (lien sim) sebanyak 10-15 gram rebus dengan air secukupnya sampai mendidih, minum sebagai teh. Dapat juga tunas biji teratai giling halus,seduh dengan air panas, minum. 

10 g biji teratai dan 15 gram tunas biji teratai. (lien sim), rebus dengan 350 cc air sampai tersisa 200 cc. Minum setiap hari seperti teh. 

Tanaman herbal Beringin (Ficus benyamina L.)

Tanaman obat Murbei (Morus alba L.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar