Sabtu, 14 Agustus 2010

Tanaman obat Tapak Dara (Catharantus roseus (L.) G. Don.)


Tumbuhan herbal Tapakdara (Catharanthus roseus) banyak sekali dipelihara sebagai tanaman hias. Tumbuhan obat Tapakdara sering dibedakan menurut jenis bunganya, yaitu putih dan merah.  

Tanaman obat semak tegak ini tumbuh dapat mencapai ketinggian batang sampai 100 cm ini, Tanaman herbal tersebut sebenarnya merupakan tumbuhan liar yang biasa tumbuh subur di padang atau dipedesaan beriklim tropis.Penyebaran tumbuhan berguna ini melalui biji.

Diabetes mellitus (sakit gula/kencing manis)
10 - 16 lembar daun tapakdara direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas setelah dingin minum, diulangi sampai sembuh.

35 - 45 gram daun tapakdara kering, adas pulawaras,bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas,minum, diulangi sampai sembuh.

3 lembar daun tapakdara, 15 kuntum bunga tapakdara,rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1,5 gelas,minum pagi dan sore setelah makan.

Hipertensi (tekanan darah tinggi)
15 - 20 gram daun tapakdara kering, 10 gram bunga krisan,rebus dengan 2,5 gelas air sampai mendidih dan saring,diminum tiap sore.

7 lembar daun atau bunga tapakdara,seduh dengan 1 gelas air dan saring,minum menjelang tidur.

Leukimia
20-25 gram daun tapakdara kering, adas pulawaras,rebus dengan 1 liter air dan saring,minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Asma dan bronkhitis
1 potong bonggol akar tapakdara,rebus dengan 5 gelas air,minum 2 kali sehari,pagi dan sore.

Kurang darah
4 putik bunga tapakdara putih,rendam dengan 1 gelas air, kemudian ditaruh di luar, rumah semalam,minum pagi hari dan dilakukan secara teratur.

Tangan gemetar
4 - 7 lembar daun tapakdara,seduh dengan 1 gelas air panas dan disaring,minum biasa.

Gondong, bengkak, bisul dan borok
1 genggam daun tapakdara,tumbuk halus,tempelkan pada luka bakar.
 
Demam
1 genggam (12 -20 gram) daun tapakdara, 3 potong batang dan akar tapakdara,rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1,5 gelas,minum pagi dan sore ditambah gula kelapa.

Radang Perut dan disentri
15 - 30 gram daun tapakdara kering,rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih,minum pagi dan sore dan ditambah dengan gula kelapa.
 
Luka bakar
beberapa daun tapak dara, 0,5 genggam beras,rendam dengan air, kemudian ditumbuk bersama-sama sampai halus,tempelkan pada luka bakar.

Luka baru
2 - 5 lembar daun tapakdara,kunyah sampai lembut,tempelkan pada luka baru.

Tanaman obat Kayu Manis (Cinnamomum burmani (nees) Bl.)

tanaman obat Meniran (Phylanthus urinaria, Linn.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar