Selasa, 10 Agustus 2010

tanaman obat Meniran (Phylanthus urinaria, Linn.)

tumbuhan herbal Meniran mempunyai Batang Berbentuk bulat berbatang basah dengan tinggi kurang dari 50 cm.

Pada tumbuhan obat ini juga Mempunyai daun yang bersirip genap setiap satu tangkai daun terdiri dari daun majemuk yang mempunyai ukuran kecil dan berbentuk lonjong.

pada Terdapat tanaman herbal meniran ketiak daun menghadap kearah bawah. tanaman obat Meniran tumbuhan berasal dari daerah tropis yang tumbuh liar di Hutan, ladang, Kebun pada umumnya tidak dipelihara, karena dianggap tumbuhan rumput biasa.

Luka koreng
9 - 15 batang meniran lengkap (akar, batang, daun dan bunga) cuci Bersih dan ditumbuk halus.rebus dengan 1 cerek air.dalam keadaan hangat-hangat dipakai untuk mandi.

Jerawat
7 Batang tanaman meniran,1 Rimpang umbi kunyit (4 cm),Seluruh bahan dicuci sampai bersih dan ditumbuk sampai halus, Kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.saring dan minum sekaligus, ulangi secara teratur setiap hari.

Sakit Kuning
16 Tanaman Meniran (akar, Batang, daun, 2 gelas Air Susu, Tanaman meniran dicuci lalu tumbuk halus dan rebus dengan 2 gelas air susu sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas,saring, minum sekaligus,lakukan setiap hari.

7 batang tanaman meniran (akar, Batang dan bunga),7 buah Bunga cengkeh kering,5 cm rimpang umbi temulawak, 1 potong kayu manis,Seluruh bahan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, saring dan minum 2 kali sehari.

Malaria
7 Batang tanaman Meniran lengkap,5 Biji bunga cengkeh kering, 1 potong kayu manis, semua bahan dicuci bersih, tumbuk halus dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih.
saring lalu minum 2 kali sehari.

Ayan
17 - 21 batang tanaman meniran (akar, batang, daun dan Bunga)bahan dicuci bersih,rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal ± 2,5 gelas, saring lalu minum 1 kali sehari sehari 3/4 gelas selama 3 hari berturut-turut

Demam
3-7 batang Tanaman meniran lengkap (akar, batang,daun dan bunga) bahan dicuci,kemudian seduh dengan 1 gelas air panas,saring, kemudian diminum sekaligus.

Batuk
3 - 7 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang,daun, bunga) Madu secukupnya. Bahan dicuci bersih, tumbuk halus dan rebus dengan 3 sendok makan air masak, asilnya dicampur dengan 1 sendok makan madu sampai merata.minum sekaligus dan dilakukan 2 kali sehari

Haid berlebihan
3 - 7 potong akar Meniran kering,1 gelas air tajin, bahan tumbuk halus dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih, Kemudian ditambah dengan 1 gelas air tajin dan aduk sampai rata.saring dan diminum 2 kali sehari, pagi dan
sore.

Disentri
17 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang,daun dan bunga ),rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih, saring dan minum 2 kali sehari, pagi dan
sore.

Luka Bakar Kena Api atau Air Panas
3 - 7 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang,daun dan bunga) Bahan Tambahan: 1 Rimpang umbi temulawak (4 cm), 3 buah bunga cengkeh kering, 1 potong kayu Manis.tumbuk halus, dan temulawak diiris-iris . Kemudian dicampur dengan bahan -bahan yang lain dan rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih.

tanaman herbal Jeruk Purut (Citrus hystrix D.C.)

tanaman obat Cabai Merah (Capsicum Annuum L.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar