Rabu, 04 Agustus 2010

tanaman herbal Jeruk Purut (Citrus hystrix D.C.)

tanaman obat Jeruk purut banyak ditanam orang di pekarangan dan di kebun. tanaman herbal mempunyai daun majemuk menyirip beranak daun satu. tumbuhan herbal tersebut memiliki tangkai daun sebagian melebar menyerupai anak daun.

Pada tumbuhan obat jeruk purut ini helaian anak daun berbentuk bulat telur sampai lonjong, pangkal membundar atau tumpul, ujung tumpul sampai meruncing, tepi beringgit, panjang 8 -15 cm, lebar 2 - 6 cm, Jeruk purut dapat diperbanyak dengan cangkok dan biji.

BAGIAN YANG DIGUNAKAN

Buah
 influenza, badan terasa lelah, rambut kepala yang bau (mewangikan kulit), serta kulit bersisik dan mengelupas.

Daun
badan letih dan lemah sehabis sakit berat.

PEMAKAIAN
Untuk obat yang diminum, sediakan 1 - 2 buah air jeruk purut yang telah masak, lalu minum.
Untuk pemakaian luar, belah jeruk purut menjadi 2 - 4 bagian, lalu gosokkan ke kulit yang bersisik atau air perasan buahnya digunakan untuk membasahi rambut setelah keramas.

Influenza
Potong sebuah jeruk purut masak,peras. Seduh dengan 60 cc air panas. Minum sekaligus selagi hangat.

Mewangikan rambut kepala
Cuci 1 buah jeruk purut masak, lalu parut, tambahkan 1 sendok makan air, remas dan saring. Gunakan air menggosok rambut setelah keramas.

Badan lelah setelah bekerja atau letih sehabis sakit berat
2 genggam daun jeruk purut segar. Rebus dalam 3 liter air sampai mendidih. Tuangkan ramuan tersebut ke dalam 1 ember air hangat dan gunakan untuk mandi.

Kulit bersisik dan mengelupas
Belah jeruk purut tua menjadi dua bagian. Gosok pada kulit yang bersisik, kering, dan mudah mengelupas di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan satu kali sehari, malam sebelum tidur.

tanaman herbal Lada (Piper nigrum L.)

tanaman herbal Teratai (Nelumbium nelumbo Druce)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar