Selasa, 28 Februari 2012

tumbuhan obat khasiat dan manfaat Brokoli (Brassica oleracea var. italica)

tanaman obat

tanaman obat

tanaman herbal Brokoli digolongkan dalam keluarga kubis-kubisan,tumbuhan herbal ini termasuk sayuran yang tidak tahan pada udara panas.

brokoli cocok budidaya brokoli pada dataran tinggi lembab bersuhu rendah 700 m dpl. klasifikasi brokoli adalah jenis tanaman obat yang tidak tahan terhadap hujan yang menerus, tumbuhan obat brokoli akan jadi kekuningan serta andai membusuk warnanya pun berbintik-bintik hitam. Brokoli diperbanyak dengan biji.

memasakan lalu lama akan mengurangi khasiat brokoli serta manfaat brokoli,dibutuhkan teknik dan resep brokoli yang benar adalah pengolahannya agar dapat dikonsumsi dan berguna bagi tubuh.

dalam pengobatan penyakit tertentu sama halnya dengan wortel, tanaman ini pun dapat di jadikan dan dikonsumsi dalam bentuk jus brokoli

Bunga digunakan sebagai pengobatan :
mempercepat penyembuhan,mencegah juga menghambat berkembangnya sel kanker.

Brokoli dikonsumsi sebagai sayuran,direbus atau dimasak bersama sayuran lain dengan porsi secukupnya.

Mempercepat penyembuhan penyakit
brokoli segar ukuran sedang, potong seperlunya,cuci,rebus sebentar,brokoli dapat dikonsumsi dengan nasi.

wajib perhatikan perebusan terlalu lama merusak zat khasiat brokoli.

air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, vitamin (A, C, E, tiamin, riboflavin, nikotinamide), kalsium, beta karoten, dan glutation. Selain itu, brokoli ada senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin merangsang pembentukan glutation. khasiat Kandungan zatn : sulforafan dapat mencegah kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar