Minggu, 18 Maret 2012

tanaman obat Bunga Matahari (Helianthus annuus Linn.)

tanaman obat Bunga Matahari (Helianthus annuus Linn.) umurnya pendek kurang dari setahun),tanaman herbal ini tegak berbulu, tinggi 1-3 meter, tumbuhan herbal bunga matahari harus cukup mendapatkan sinar matahari,tumbuhan obat ini tergolong tanaman berbatang basah dengan daun tunggal membentuk jantung ditumbuhi bunga besar dengan mahkota bentuk pita pada tepi cawan warna kuning, dan pada tengahnya terdapat bunga-bunga kecil bentuk tabung, warna coklat.

tanaman obat

Bunga

Sakit kepala
25-30 gram bunga,1 butir telur ayam Tidak dipecahkan,3 gelas air,rebus menjadi 1/2 gelas,minum sesudah makan 2 x sehari.

Radang payudara (Mastitis)
Kepala bunga matahari tanpa biji,potong halus,jemur,Setelah kering gongseng/sangrai sampai hangus,giling menjadi serbuk, Setiap kali minum 10-15 gram, campur arak putih,gula, air hangat,minim 3 kali sehari,pertama kali harus keluar keringat.(Tidur pakai selimut).

Rheumatik
Kepala bunga matahari godok menjadi kanji,tempel ke tempat yang sakit.

Disentri
30 gram biji,seduh,tim selama 1 jam,ambahkan gula batu secukupnya,minum.

Akar

Kesulitan buang air besar dan kecil
15-30 gram akan segar,rebus, minum.

Infeksi saluran kencing
30 gram akar segar,rebus jangan lama-lama, sewaktu baru mendidih angkat, minum.

CATATAN :
Sumsum dari batang dan dasar bunga berisi hemicellulose, menghambat sarcoma 180 dan ehrlich ascitic carcinoma pada tikus.

Ekstrak dari sumsum dapat menghancurkan nitrosamine dan dapat untuk pencegahan dan pengobatan tumor saluran cerna (Tractus digestivus).

PERHATIAN :
Wanita hamil dilarang minum rebusan tanaman obat Bunga Matahari (Helianthus annuus Linn.) !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar